Piala Dunia Resmi Gunakan VAR

 

 

 

Tavess.com – Presiden FIFA, Gianni Infantino secara resmi telah mempublikasikan mengenai pemakaian Video Assistant Referees (VAR) pada Piala Dunia 2018 nanti. Hal itu ditujukan supaya mencegah potensi kesalahan yang dilakukan oleh pengadil pertandingan.

“Kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Kami ingin memberikan peralatan yang dapat membantu kinerja wasit jadi mereka bisa membuat keputusan yang tepat. Laga Piala Dunia adalah laga yang sangat penting,” ungkap Infantino.

“Saya sedikit skeptis pada awalnya, namun tanpa mencoba kita tidak akan mendapatkan apa pun. Tanpa VAR, wasit berpeluang membuat kesalahan penting dalam setiap tiga pertandingan.” katanya.

“Menurut statistik, kesalahan keputusan yang dibuat wasit akan berkurang menjadi satu dalam setiap 19 pertandingan. Karena itu kami mengambil keputusan,” imbuh Infantino.

Sebelumnya, VAR telah dipakai pada Piala FA dan Piala Liga Inggris. Pada musim yang akan datang Ligue 1 Prancis juga akan menggunakan VAR, sementara Bundesliga baru akan mengambil suara terkait pemakaian VAR.

Selama ini, ajang bergengsi yang belum memikirkan untuk memakai VAR diantaranya yakni Liga Champions, Liga Europa, dan Premier League.

Leave a Reply